December 3, 2011

Serbuan Kucing Putih Berpita Merah

   No comments     
categories: 
Setelah lama menjadi ikon untuk produk alat tulis dan aksesori, brand Hello Kitty kembali populer mengikuti siklus dalam dinamika dunia busana. Ternyata Hello Kitty telah menarik perhatian perusahaan kosmetik MAC. MAC mengajak Sanrio, pemegang merek produk Hello Kitty, menggelar peragaan busana bertema Hello Kitty di New York, AS, pada 2009. 

Salah satu desainer yang direkrut MAC, Katy England, berhasil menciptakan gaya busana ala Gothik dengan kombinasi pernak-pernik Hello Kitty. Kolaborasi itu ternyata tak sebatas merambah industri busana. Sebelum ajang itu digelar, Sanrio dan MAC telah bekerja sama menambahkan ikon Hello Kitty pada kemasan produk kosmetik MAC. 

Dengan tetap mempertahankan karakter kemasan kosmetik yang bercirikan warna gelap, MAC membubuhkan ikon Hello Kitty pada produk seperti lipstik, cat kuku, dan eyeshadow. James Gager, perwakilan MAC yang merangkap direktur kreatif MAC Worldwide, mengatakan kolaborasi itu sengaja dilakukan untuk memenuhi keinginan orang-orang yang suka dengan produk kosmetiknya. 

"Aku yakin bahwa semua wanita yang sudah memiliki Hello Kitty juga ingin memiliki kosmetik dari MAC," tutur Gager. Ternyata, selain produk kosmetik, tren ikon Hello Kitty merambah industri aksesori. 

Setiap menyambut perayaan ulang tahun Hello Kitty, banyak produk aksesori edisi khusus dengan gambar ikon kucing betina gencar memberikan potongan hingga 75 persen untuk produk mereka. Produsen aksesori Anime Jewelery, sebuah perusahaan yang menjual produk perhiasan, misalnya. Beberapa produk perhiasan, baru-baru ini, juga memunculkan kembali ikon kucing putih tanpa mulut itu untuk produk kalung, gelang, cincin, anting, dan lain-lain sebagai rangkaian koleksi perhiasan edisi khusus yang amat eksklusif. 

Beberapa desainer bahkan membuat kreasi perhiasan yang amat inovatif lantaran dipadukan bersama ikon Hello Kitty ini walau sifatnya masih eksperimental. Swarovski juga tak mau ketinggalan memunculkan desain ikon Hello Kitty dalam rangkaian produknya. Ikon Hello Kitty ditampilkan secara gemerlap dengan material mengilap semacam kristal pada inovasi produk mereka, seperti boneka, gantungan kunci, tas, dan jam tangan. 

Swaroski, pada 2011 ini, bahkan membuat produk boneka Hello Kitty yang dibuat secara terbatas, hanya 88 unit. Boneka itu bertatahkan 19.636 kristal dengan cahaya bulan yang dibagi dalam beberapa dimensi warna, seperti kuning, merah mawar, dan kristal bersemu warna aurora borealis yang amat eksotis. 

Ada juga koleksi busana lainnya yang dibubuhkan ikon Hello Kitty, yaitu produk kacamata yang diproduksi Kawaii Accessories. Dalam formasi tiga dimensi, sosok Hello Kitty tampak mencolok dan manis menempel pada sisi kiri produk kacamata itu. 

Yang bisa membuat kita geli dan tersenyum sejenak ialah ternyata ikon Hello Kitty juga ada yang ditampilkan untuk menghiasi corak produk pakaian hamil dan korset! Stussy, salah satu perusahaan apparel terkemuka, pada 2009 tak mau ketinggalan menyediakan koleksi T-shirt, gantungan kunci, dan hoodie bergambarkan Hello Kitty. 

Ikon Hello Kitty bahkan di mata Joseph Senior telah diwujudkan dalam kreasi bertema crossover untuk figur Hello Kitty tersebut. Hal itu bertujuan agar orang yang tidak suka pada Hello Kitty menjadi suka dan turut mengoleksi. Produk desain Joseph Senior ditampilkan dalam gaya ala superhero. Joseph telah menghadirkan kreasi produk Hello Kitty ala Superman, Spiderman, Batman, Spock (Star Trek), Captain Panaka (Stars Wars), serta tokoh animasi serta fi ksi ilmiah lain. "Hello Kitty ini (versi Star Wars) saya persembahkan kepada George Lucas (sutradara) dan Star Wars," kata dia. 

Di tangan Joseph, boneka Hello Kitty terlihat menjadi lebih sangar ketimbang kucing cantik yang lucu tanpa dosa. Ada pula beberapa kreasi boneka Hello Kitty diberi kostum dengan tokoh nonsuperhero, seperti Doraemon dan Mickey Mouse. hay/L-4

Dipakai Selebritas Dunia

Menurut seorang desainer, Catherine Malandrino, ikon Hello Kitty bukan semata- mata identik dengan jati diri seorang gadis kecil. Lebih dari itu, ikon itu bisa pula ditampilkan dalam sosok perempuan dewasa. "Hello Kitty ini bisa tampil pada busana perempuan dewasa dengan sisi glamor," ujar dia. 

Pendapatnya itu bisa jadi ada benarnya, sebab ternyata ada pula sejumlah selebritas yang suka tampil dengan Hello Kitty. Salah satu selebritas yang pernah tertangkap kamera menggenakan ikon Hello Kitty ialah Lady Gaga ketika berkunjung ke Jepang. 

Penyanyi yang berani tampil beda itu pernah tampil dengan pernah-pernik Hello Kitty mulai dari hiasan rambut hingga sepatu. Pada penampilan lain, ia tampil dengan boneka Hello Kitty yang memenuhi seluruh badannya. "Saya menginginkan Hello Kitty yang banyak," ucap dia. 

Selain Lady Gaga, Paris Hilton pernah tampil dengan produk busana Hello Kitty. Ketika di Jepang, ia terlihat mengenakan topi, baju, dan tas yang bergambar Hello Kitty. Ia pun pernah bersama dengan Kimora Lee tampil bersama dengan balutan busana Hello Kitty dan beberapa aksesori yang amat eye catching. 

Penyuka Hello Kitty lainnya adalah aktris dan penyanyi Miranda Cosgrove yang tampil gemerlap dengan aksesori Hello Kitty pada saat ulang tahun ke-35 Hello Kitty di California, Oktober 2009. Dia mengenakan perhiasan berupa cincin dan gelang hasil rancangan Tarina Tarantino pada perayaan itu. Pada 2005, perusahaan Sanrio memang menggandeng model, desainer, dan pemilik rumah mode Kimora, Lee Simmons, untuk menampilkan ikon Hello Kitty pada produk perhiasannya. 

Produk itu kemudian diberi nama "Kimora Lee Simmons for Hello Kitty Fine Jewelry Collection." Koleksinya itu, menurut Kimora, ditujukan bagi para perempuan dewasa yang pernah tumbuh besar bersama Hello Kitty. Mereka, menurut Kimora, masih memiliki hubungan emosional dengan Hello Kitty. Perhiasan yang dibuat dengan ikon Hello Kitty hasil dari produk Kimora terbuat dari bahan logam mulia, berlian, dan batu permata yang amat eksklusif dan menawan. hay/L-4

Bukan Melulu untuk Perempuan

Hello Kitty merupakan sebuah karakter yang didesain oleh perusahaan asal Jepang, Sanrio. Hingga kini, Hello Kitty tetap menjadi ikon. Oleh Yamaguchi Yuko yang memegang posisi desainer sejak 1980 hingga sekarang, karakter Hello Kitty selalu diperbarui setiap tahunnya agar lebih segar dan aktual. 

Penampilan Kitty juga kerap diubah setiap pergantian musim untuk menyesuikan dengan kondisi udara di Jepang. Tujuannya tak lain untuk mempertahankan nilai penjualan produk-produknya. Untuk menggenjot produknya, ikon kucing putih berpita merah itu pun pernah dibuatkan filmnya pada 1987 dalam bentuk dalam animasi berjudul Hello Kitty's Furry Tale Theater. 

Film itu tampil dalam 24 episode dan ditayangkan pada jaringan stasiun CBS di Amerika Serikat. Selanjutnya, Hello Kitty and Friends tampil 13 episode dan ditayangkan pada stasiun yang sama di tahun 1991, dengan episode perdana menggunakan judul tema Hello Kitty No Cinderella. 

Pada 1994, jaringan stasiun televisi di Jepang menayangkan versi Jepang dengan judul Asobo! Hello Kitty yang ditujukan untuk anak-anak usia sekolah dasar di Jepang. Selanjutnya, acara itu diperbarui dengan judul Kitty Paradise Gold, Kitty Paradise Fresh, dan Kitty Paradise Plus. Pada 1996, Hello Kitty pernah populer kembali berkat penyanyi asal Jepang, Kahara Tomomi. 

Penyanyi itu mengaku sebagai Kittyra (penggemar berat Hello Kitty) sehingga menimbulkan demam Hello Kitty di mana-mana. Kini, serial Hello Kitty sudah tidak lagi ditayangkan. Meskipun demikian, Hello Kitty tetap memikat dan diadopsi oleh beberapa produk busana. Ikon Hello Kitty bahkan pernah diadopsi oleh perusahaan kartu kredit dan maskapai EVA Air dari Taiwan dalam bentuk gambar di badan pesawatnya. 

Tak hanya itu, Hello Kitty juga sekarang ada dalam wujud taman tematik (Harmonyland dan Sanrio Puroland). Sekarang bahkan bukan hanya produk untuk perempuan yang menggunakan karekter Hello Kitty. Beberapa produk minuman anggur, korek api, dan beberapa barang untuk lelaki juga mengambil ikon Hello Kitty. 

Gitar elektrik Fender (Hello Kitty Stratocaster) dan mobil Mitsubishi (Mitsubishi Princess Kitty) pernah menggunakan gambar Hello Kitty dalam produk mereka. Ada pula robot Hello KittyROBO, beberapa action figure dengan sosok Hello Kitty, hingga konsol video game

Sekilas Sejarah 
Ketika diciptakan pertama kalinya oleh perancang dari Sanrio bernama Yuko Shimizu, Hello Kitty merupakan tokoh kucing betina bernama Kitty White. Kitty memiliki pacar bernama Daniel Star, saudara kembar bernama Mimmy White, papa bernama George White, mama bernama Mary White, opa bernama Anthony White, dan oma bernama Margaret White. 

Setelah memperkenalkan diri sebagai Hello Kitty, Sanrio mulai menjual produk bergambar kucing pada 1974. Produk pertama yang dijual berupa dompet perempuan terbuat dari material vinyl yang disebut Puchi Purse. Namun uniknya, pada Puchi Purse, belum ada nama Kitty, hanya bertuliskan Hello. Sanrio kemudian sadar akan kekurangan itu, lalu menggabungkan kedua kata itu. hay/L-4

0 komentar:

Post a Comment